Google Translate

Contact Me

Rabu, 16 Maret 2011

Tertegun Sejenak



Melihat semua Bencana yang terjadi di dunia ini, Tsunami di Jepang, Krisis Timur Tengah yang tak ada habis- habisnya dan Bencana- bencana yang lain yang terjadi didalam maupun diluar negeri.Kecanggihan teknologi seakan-akan tak berkutik lagi untuk sekedar mengurangi, apalagi membendung beragam estafeta bencana dan musibah yang tanpa kompromi setiap saat bisa dahsyat menimpa segala penjuru Dunia.

Mungkin selalu bertanya- tanya di benak kita melihat bencana ini semua. Salah siapakah ini ? atau kah Allah memang sudah mulai benar- benar murka kepada kita?. Pernahkah kalian semua berpikir apa yang sedang di isyaratkan Allah untuk kita semua, agar menarik hikmah dari segala hal itu.

Bencana adalah suatu bagian dari keseimbangan alam. Bagian dari keseimbangan hidup setiap manusia. Bagian dari ujian Sang Khalik untuk hamba-hamba-Nya, agar tampak siapa yang benar beriman dan siapa yang kufur.

Allah berfirman yang artinya : “Telah nampak  kerusakan di darat dan di laut  disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar, taubat)”. (QS. Ar Ruum: 41)
Bencana alam merupakan salah satu mushibah yang kehadirannya tidak diharapkan. Seringkali upaya antisipasi terjadinya bencana alam sudah dilakukan, namun terjadinya bencana alam tidak terantisipasi, Sudah menjadi sunnatullah di muka bumi Allah ini, adanya hukum sebab akibat. Sudah barang tentu musibah yang banyak kita alami pada tahun-tahun terakhir ini pasti ada sebabnya. Salah satu sebab datangnya musibah adalah karena maksiat yang diperbuat oleh manusia.

Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan, “Yang menjadi sebab Allah menampakkan sebagian kerusakan di muka bumi adalah karena berbagai dosa yang dilakukan manusia”. Sedangkan lanjutan ayat (yang artinya) “supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka”, yang dimaksud di sini adalah sebahagian akibat dari dosa-dosa yang mereka kerjakan. Dengan demikian sebab kerusakan-kerusakan yang tampak di muka bumi berupa berbagai kekurangan, bahaya, kesedihan, penyakit dan lainnya yang Allah tampakkan adalah karena kemaksiatan yang dilakukan oleh hamba-hambaNya. Akibat setiap hambaNya melakukan kemaksiatan, Allah ‘Azza wa Jalla akan timpakan kepada mereka bencana sebagai hukuman atas perbuatan mereka.

Dari penjelasan di atas, jelaslah bagi kita bahwa sebab bencana dan musibah yang kita alami adalah karena perbuatan maksiat yang dilakukan oleh manusia. Meskipun demikian musibah yang kita rasakan saat ini hanyalah sebagian kecil dari akibat dosa-dosa yang telah kita perbuat. Sekiranya ditimpakan seluruh akibat dari dosa-dosa yang telah kita perbuat, niscaya tidak ada seekor binatang pun yang dibiarkan hidup di muka bumi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - and an additional touch of admin | riyan_malik@rocketmail.com