Google Translate

Contact Me

Jumat, 16 Desember 2011

“PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA”


Kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia sangat beranekaragam hal ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi kepada generasi selanjutnya. Budaya dinilai mampu untuk membangun peradaban dan karakter anak bangsa. Karena dengan pendekatan budaya luhur yang adiluhung dapat menjadi sarana mediasi kemanusiaan yang bersumber dari hati nurani untuk mencapai rasa aman, nyaman, dan damai yang berkelanjutan serta membentuk jati diri sebuah Negara.

Seiring berkembangnya zaman, globalisasi dunia barat yang dari hari kehari tanpa kita sadari telah mengikis budaya ketimuran yang dimiliki bangsa ini. Kebiasaan, norma- norma, etika dan budaya luhur dari masa lalu sebagai ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia kini mulai memudar. Budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan. Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal.

Apakah kita akan terus- menerus acuh tak acuh dengan kebudayaan yang kita miliki selama ini? “Jumlah kebudayaan di Indonesia bukan hanya ribuan, tapi ‘ribuan ribu’. Bahasa daerah saja mencapai 583. Kalau tidak segera dibuat Undang-undang Kebudayaan maka bisa dipastikan budaya Indonesia yang begitu banyak, sedikit demi sedikit akan punah. Setidaknya tiga hingga empat bahasa hilang per bulannya di Indonesia,” ungkap Prof. Arief usai menjadi pembicara dalam “International Day” di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad. Apakah Budaya lokal yang sudah mendarah daging selama ini dan sekaligus menjadi identitas bangsa di dunia Internasional akan punah begitu saja tanpa sedikit pun usaha kita untuk menyelamatkannya.

Teknologi bukanlah hal yang tabu lagi bagi kita semua. Memasuki era digital yang semakin canggih dan menuntut masyarakat untuk mendapatkan informasi yang semakin cepat dan akurat. Menjadikan teknologi sebagai alat yang tepat bagi media untuk melestarikan kebudayaan- kebudayaan yang kita miliki. Perkembangan teknologi informasi sudah menjalar di urat nadi bangsa ini, mulai dari hal yang sederhana sampai yang komplek semua mengintegrasikan teknologi informasi.

Sinergi Kebudayaan dan Teknologi merupakan langkah yang tepat dan sangat kontras buat masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan semakin menjamurnya perangkat elektronik, gadget atau pun smartphone yang dapat sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses internet kapanpun, dimanapun, dan dalam kondisi apapun hanya dengan genggaman kita.

Penggunaan internet sebagai sarana mempublikasikan kebudayaan akan menjadi salah satu langkah yang cerdas contohnya saja web atau blog. Mempublikasikan dengan cara tulisan dan gambar- gambar tentang kebudayaan yang kita miliki, siapapun di belahan dunia ini dapat mengaksesnya dengan mudah bahkan, masyarakat internasional pun dapat mengenal dan belajar dari media yang kita berikan. Selain itu penyebaran informasi tentang kebudayaan melalui media social networking seperti facebook twitter dan youtube dapat menjadi alternatif lain karena merupakan santapan sehari- hari bagi masyarakat Indonesia sekarang ini.  

Kebudayaan dan nilai luhur yang adiluhung adalah kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya dan tidak dimiliki bangsa-bangsa asing. Marilah kita Mengembalikan kembali tradisi besar sebagai bangsa Timur yang ramah dan beretika dalam kehidupan bermasyarakat. Juga  peduli dan proaktif untuk membangun dan mempertahankan kembali karakter Bangsa yang bermartabat yang mengandung nilai nilai luhur dengan media teknologi informasi. Serta sebagai generasi muda, yang merupakan pewaris budaya bangsa, hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu kita nantinya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - and an additional touch of admin | riyan_malik@rocketmail.com